Sebuah event tidak akan berjalan tanpa adanya dana atau pemasukan. Setiap event memerlukan tunjangan untuk berbagai keperluan. Disinilah kita memerlukan panitia dana usaha. Panitia dana usaha biasanya bertugas untuk mencari pemasukan atau dana yang diperlukan dalam operasional event. Dana operasional yang dibutuhkan biasanya dapat kita dapatkan melalui sponsor. Namun sering kali panitia dana usaha kesulitan dalam mencari sponsor. Tidak jarang juga pihak sponsor yang dituju tidak memberikan feedback. Kira-kira apa ya yang membuat cari sponsor menjadi sulit?. Yuk kita bahas tips dan trik cari sponsor event yang mudah dan tepat sasaran!

Cari sponsor event merupakan hal yang utama dalam jobdesk panitia dana usaha. Dana terbesar yang bisa kita dapatkan bersumber dari Sponsor. Beberapa poin berikut harus kalian perhatikan dalam mendapatkan sponsor.

  1. Membuat list sponsor yang akan dituju

Dalam tahap pencarian sponsor. Kita harus mengetahui jenis perusahaan apa yang bisa kita jadikan tujuan Cari sponsor event. Contohnya, jika event kamu membutuhkan dukungan berupa konsumsi makanan maka kamu bisa memasukkan perusahaan bidang makanan atau minuman. Hal seperti ini bisa kalian persiapkan sebaik mungkin agar sponsor yang kalian tuju mudah didapat.

  1. Mempersiapkan proposal sponsor

Proposal sponsor memiliki peran yang penting saat kalian ingin menghubungi perusahaan tertentu. Oleh karena itu, proposal sponsor harus dibuat semaksimal mungkin. Kalian bisa menambahkan design ataupun tampilan yang menarik didalam sponsor. Siapkan juga informasi yang detail dan ringkas tentang event kalian. Hal ini dapat memberikan gambaran yang baik ke perusahaan agar tertarik menjadi sponsor di acara kalian. Susun paket an sponsor yang dapat dipilih oleh perusahaan yang kalian tuju

  1. Selalu Inisiatif

Setelah mengirimkan proposal sponsor ke perusahaan tertentu. Pastinya kita akan menunggu feedback yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Ada perusahaan yang akan meminta kita presentasi, ataupun yang menghubungi kita via email. Namun kita dapat mempersingkat waktu dan memberikan usaha yang lebih untuk mendapatkan feedback perusahaan. Kita dapat mencari contact person perusahaan tersebut atau menghubungi kembali perusahaan tersebut agar kita dapat mendapatkan feedback dan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Kita juga bisa menawarkan diri untuk mempresentasikan event kita. Dengan demikian usaha kalian dalam Cari sponsor event akan lebih mudah.

Nah! Berikut beberapa poin yang dapat kalian perhatikan dalam cari sponsor event. Kalian dapat menjadikan poin-poin di atas sebagai referensi dalam mencari sponsor event. Semoga informasi ini dapat membantu kalian untuk mendapatkan sponsor event dengan mudah ya!

 Artikel ditulis oleh: Helen Syahnia – School STroopers Batch 2 – 2021

 

 

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support