Cari sponsor bisa menjadi pilihan pembiayaan yang sangat bagus. Terlebih lagi untuk perusahaan dengan skala kecil yang berencana menyelenggarakan acara. Beda halnya dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan. Mereka tidak akan mengalami permasalahan seperti ini. Pasalnya sudah didukung dengan anggaran pemasaran yang besar.

Kendalanya, menemukan sponsor bukanlah perkara yang mudah. Sama halnya ketika Anda sedang mencari sebuah pekerjaan. Beberapa proposal yang Anda ajukan mungkin akan ada yang ditolak, Bahkan lebih parahnya lagi mungkin ada yang tidak mendapatkan tanggapan sama sekali.

Namun tenang saja. Sebab tetap ada jalan keluar atau solusi untuk permasalahan seperti ini. Tercatat ada beberapa strategi cari sponsor event yang bisa coba Anda terapkan. Dengan demikian, peluang acara Anda dibiayai sponsor menjadi sangat besar.

Berikan Faktor ”Wow” pada Proposal

Agar proposal memiliki kesan ”wow” pastinya harus dibuat dengan cara yang “wow” juga. Jika memang seperti itu, lalu bagaimana caranya? Di dalam proposal Anda, harus berisi beberapa hal seperti berikut ini:

1. Ceritakan Sejarah Perjalanan Perusahaan Anda

Apakah perusahaan Anda memiliki awal yang sederhana? Apakah awal mula didirikannya perusahaan tersebut merupakan bisnis keluarga untuk masyarakat setempat? Buat hubungan emosional untuk mencapai kesepakatan dengan sponsor event.

2. Jelaskan apa yang Anda Lakukan

Apa misi Anda dan seperti apa budaya kerja yang ada di perusahaan Anda. Dengan kata lain bagaimana perusahaan Anda berjalan setiap harinya.

3. Jelaskan Demografi Audiens Anda

Menjadi hal yang sangat baik ketika target pasar Anda cocok dengan sponsor potensial. Dengan demikian, pihak sponsor akan tahu jika mereka menjangkau audiens yang tepat dengan berkontribusi pada event Anda.

Selain ketiga hal di atas, buat spesifik mungkin terkait dengan dana yang Anda butuhkan. Uraikan apa saja yang nantinya akan dibiayai. Mulai dari sewa tempat, makan, narasumber, dan lain sebagainya.

Tawarkan apa Keuntungan Pihak Sponsor

Ketika Anda sedang cari sponsor event, point penting kedua yang harus dilakukan adalah memberikan penjelasan tentang apa saja keuntungan yang akan didapatkan oleh pihak sponsor jika mau mendanai acara Anda ini.

Ingat, hubungan dengan sponsor harus berupa hubungan memberi dan menerima. Jadi apa yang akan didapatkan sponsor dari mendanai acara Anda? Berikut ini ada beberapa ide yang bisa Anda coba:

  1. Untuk pameran dagang atau pameran, berikan stan gratis untuk sponsor.
  2. Tempatkan nama atau logo sponsor pada spanduk dan juga pamflet promosi acara.
  3. Sebutkan perusahaan yang menjadi sponsor di postingan blog, buletin email, dan juga postingan media sosial Anda.
  4. Berikan hadiah atau diskon terkait dengan acara untuk pelanggan yang membeli produk dari sponsor atau yang mendaftar ke layanannya.
  5. Sertakan logo sponsor di semua perlengkapan promosi acara Anda.
  6. Dorong para follower’s media sosial Anda untuk “like” atau “share” konten sponsor.

Pelajar Apa yang sedang Dilakukan oleh Calon Sponsor Potensial

Ada beberapa informasi yang harus Anda cari terkait dengan calon sponsor yang ingin Anda pilih. Beberapa informasi tersebut berkaitan dengan:

  1. Apakah sponsor terlibat dalam sebuah event baru-baru ini?
  2. Apakah ada perubahan pada perusahaan atau kepemimpinannya?
  3. Apakah mereka sedang meluncurkan produk baru?

Selain cara di atas, cara kreatif lain untuk mendapatkan sponsor event adalah gunakan data untuk membuat investor percaya diri. Kemudian pilih waktu yang tepat. Lalu temukan orang terbaik untuk dihubungi.  Di sisi lain, membentuk kemitraan dengan perusahaan konsultan sponsorship salah satunya ST22 Youth Empowerment Partner atau bisa menjalin hubungan langsung dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki program CSR.

 

 

 

 

 

 

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support