Bagaimana cara mendapatkan sponsor? Pertanyaan yang paling sering ditanyakan namun sayangnya masih banyak yang belum menemukan jawabannya. Harus diakui jika mencari sponsor event bukanlah perkara yang mudah.

Jika memang seperti itu faktanya, lalu bagaimana seharusnya sikap kita? Dalam hal ini, kenapa Anda tidak mencoba mengubah mindset Anda tentang sponsorship? Misalnya dari meminta dana menjadi penawaran kerja sama yang bisa menawarkan keuntungan sepadan diantara kedua belah pihak.

Ada beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui jika ingin mudah mendapatkan sponsor untuk event Anda. Dengan demikian, mindset anda tentang sponsorship pun akan berbeda dari sebelumnya.

Mengapa Perusahaan Mau Menjadi Sponsor Event?

Ketika Anda tidak mampu melihat nilai yang ada di dalam sponsor event, rasa-rasanya akan cukup sulit untuk meyakinkan pihak sponsorship untuk mendanai event Anda. Oleh sebab itu pertimbangkan hal seperti ini.

Event Anda akan membawa sekelompok besar orang dengan banyak kesamaan datang ke satu tempat. Artinya, dalam hal ini Anda sudah mendatangkan audiens yang sebenarnya terikat dengan target ideal untuk banyak produk maupun layanan yang berbeda-beda.

Sebenarnya Andalah yang memiliki peluang dalam hal ini. Cukup dengan strategi yang tepat, mendatangkan pihak sponsorship bukanlah hal yang sulit. Memang, tidak semua event bisa menjadi daya tarik utama pihak sponsorship. Namun jika Anda mampu memanfaatkan peluang ini, mendapatkan sponsor utama untuk event Anda bukanlah hal yang sulit.

Cara Memilih Target untuk Sponsor Acara Anda

Cara mencari sponsor sering menjadi hambatan terbesar untuk banyak orang. Namun tahukah Anda jika sebenarnya banyak perusahaan-perusahaan besar yang ingin menjadi sponsorship sebuah acara.

Namun tentunya tidak semua event. Sebuah event yang bisa membuat perusahaan tersebut tampil di depan target pasar mereka. Tugas Anda adalah mencari pihak sponsorship yang sejalan dengan konsep event yang akan Anda selenggarakan. Nah, berikut adalah dasar-dasar untuk menemukan sponsor event:

  1. Ketahui Kekuatan dan Tujuan Acara Anda

Anda tidak akan bisa meyakinkan pihak sponsor jika Anda adalah pilihan yang tepat untuk mereka. Terkecuali Anda paham betul terkait dengan event Anda. Oleh sebab di dalam proposal sponsor harus berisi tentang:

  • Visi event Anda dan apa yang ingin dicapai.
  • Siapa yang akan menghadiri acara Anda.
  • Apa yang akan Anda lakukan sehingga event Anda lebih menonjol dibanding acara-acara yang serupa.
  • Keunggulan acara Anda. Mulai dari pembicara, materi, sponsor menarik lainnya yang mungkin bisa menarik mitra, lokasi acara, dan lain sebagainya.
  1. Target Sponsorship

Carilah pihak sponsorship yang selaras dengan acara Anda. Jika Anda ingin menyelenggarakan acara kesehatan, tampaknya perusahaan junk food bukanlah pilihan sponsorship yang tepat.

Lebih masuk akal jika Anda menggandeng toko makanan kesehatan, perusahaan air minum, atau perusahaan alat-alat olahraga. Ini dilakukan untuk menghindari kekecewaan pada tamu yang datang di acara yang Anda selenggarakan. Tentunya akan sangat lucu jika acara kesehatan disponsori oleh produk-produk yang tidak menyehatkan.

  1. Pertimbangkan Jenis Sponsorship yang Tersedia

Pada dasarnya ada beberapa jenis sponsorship yang tersedia. Diantaranya seperti:

  • Media Sponsors

Media sponsors ini umumnya menawarkan dukungan yang berkaitan dengan mempromosikan acara Anda secara lebih luas. Misalnya seperti surat kabar, iklan TV, kampanye online, dan lain sebagainya.

  • Financial Sponsors

Pihak sponsorship akan memberikan beberapa uang sebagai imbalan atas beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh penyelenggara event. Misalnya stan, promosi, dan lain sebagainya.

  • Sponsor dalam Bentuk Barang

Pihak sponsor umumnya akan memberikan produk maupun layanan yang bisa Anda manfaatkan untuk menyelenggarakan acara Anda. Oleh sebab itu bekerja samalah dengan sponsor yang tepat yang bisa memberikan nilai lebih untuk peserta event yang akan Anda selenggarakan.

Sebenarnya masih ada beberapa point penting lain yang harus Anda ketahui jika ingin mudah mendapatkan sponsor. Misalnya terkait dengan pembuatan proposal. Nah, semoga ulasan singkat tentang bagaimana cara mendapatkan sponsor ini bisa memberikan manfaat.

 

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support