Selama pandemi banyak organisasi apapun komunitas yang melakukan event online. Untuk event-event online tersebut tentu kamu sebagai panitia akan cari sponsor yang bisa mendukung kelancaran acara. Namun masalahnya adalah karena acaranya berbasis digital maka orang-orang masih bingung bagaimana cara menawarkan sponsor online.

Tentu saja masalah utamanya karena tidak ada lokasi fisik. Kamu tentu membutuhkan trik khusus untuk mendapatkan sponsorship dengan cara yang lebih kreatif.

Cari Sponsor Untuk Event Online

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika mencari sponsor untuk kuliah atau event apapun. Untuk lebih jelasnya kamu bisa perhatikan beberapa poin berikut ini.

1. Bantuan Video Promosi

Ide cari sponsor yang pertama yaitu dengan menggunakan video promosi. Nantinya video tersebut akan diletakkan sebelum sesi pembukaan acara. Tentu saja hal ini terbilang efektif karena kamu bisa menunjukkan video tersebut ke seluruh peserta atau pengunjung event yang datang.

Selain pada saat sebelum pembukaan acara, video tersebut bisa ditampilkan pada  sesi lainnya. Misalnya saat istirahat, pergantian sesi atau pada event page dan event app. Selama tidak mengganggu para peserta tentu video promosi ini akan aman saja diletakkan pada bagian manapun.

Kamu juga bisa memanfaatkan closing-kredit pada bagian akhir acara. Video promosinya bisa berupa ucapan terima kasih kepada sponsor. Untuk  cari beberapa sponsor dengan video promosi ini kamu bisa membuatnya dengan mudah melalui berbagai aplikasi. Baik aplikasi video gratis maupun berbayar.

2. Memakai Data Pada Digital Sponsorship

Sebenarnya ada cara paling mudah saat cari sponsor. Yakni dengan mengumpulkan data mulai dari data demografi peserta dan juga tingkat interaksinya. Hal ini tentu saja menarik minat sponsor karena data tersebut sebenarnya dibutuhkan untuk beberapa hal.

Misalnya untuk mengukur return on investment (ROI)  atau key performance indicator (KPI). Untuk kamu, ini juga bisa menjadi salah satu acuan untuk membuat event yang lebih baik berikutnya. Data ini cukup menarik ketika digunakan dalam digital sponsorship.

Biasanya data dibuat dengan dashboard, sehingga akan lebih mudah dalam menganalisa dan melihat data interaksi peserta. Mulai dari berapa jumlah klik, impresi dan juga komen. Bahkan interaksi ini juga bisa mengukur antara sponsor dengan peserta. Tentu juga cukup ketika kamu sedang bingung  cara mencari sponsor untuk acara sekolah.

3. Dengan Banner Dan Iklan Pop-Up

Kamu juga bisa memanfaatkan banner dan iklan pop up yang menampilkan logo dari sponsor. Tentu saja iklan dan banner akan ditampilkan ketika event  digital berlangsung.

Banner bisa ditampilkan menjadi sebuah backdrop. Sedangkan untuk iklan pop-up tentu saja akan tayang pada pergantian sesi. Sehingga iklan ini tidak akan mengganggu jalannya acara secara keseluruhan.

Kamu juga bisa menyisipkan link pada iklan atau banner. Hal ini agar memudahkan para peserta untuk mencari info detail tentang halaman sponsor.

4. Sesi Tanya Jawab Dengan Sponsorship

Perusahaan dijadikan sponsor tentu membutuhkan feedback sponsor online yang bagus. Untuk itu kamu bisa mencoba dengan melakukan sesi tanya jawab yang bersponsor. Ini bisa dilakukan ketika sponsor kamu adalah tuan rumah atau punya partisipasi untuk satu atau dua sesi pada event kamu.

Nah kamu bisa menawarkan sesi tanya jawab yang bersponsor. Didalamnya peserta bisa melakukan interaksi satu sama lain dengan mengangkat banyak topik. Biasanya sesi tanya jawab cukup banyak diminati pada acara online atau virtual.

Sesi tanya jawab ini membuat para peserta lebih aktif untuk mengajukan pertanyaan yang bisa dijawab oleh para moderator. Umumnya  ide cari sponsor seperti ini dilakukan pada akhir sesi.

5. Pembagian Souvenir

Meski acaranya dilakukan secara online, tidak menutup kemungkinan untuk membagikan souvenir. Souvenir ini biasanya dari pihak sponsor dengan cara mengirimkan langsung ke alamat peserta jika souvenir tersebut berbentuk barang.

Namun bisa juga mengirimkannya secara virtual bila souvenir berbentuk diskon, kode promo ataupun free trial. Hal ini tentu saja umum dilakukan agar sponsorship bisa menghemat biaya pengiriman.

Jadi itu tadi beberapa ide yang bisa dilakukan saat cari sponsor. Kamu yang masih bingung untuk memilih sponsorship pada event online, bisa menerapkan 5 poin di atas.

Please follow and like us: