Selama pandemi ini, tidak sedikit komunitas atau organisasi yang mengadakan event online.

Dalam menjalankan suatu event, apapun jenis dan tujuannya, tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu, cari sponsor online adalah pilihan yang dapat dilakukan untuk meringankan beban biaya tersebut.

Berikut ini adalah 3 langkah yang dapat kamu terapkan apabila ingin mencari sponsor online.

1.   Mencari Sponsor Sesuai dengan Event Record

Langkah pertama yang dapat dilakukan saat cari sponsor online adalah membuat daftar perusahaan yang kemungkinan cocok dan sesuai dengan event kamu. Hal ini dilakukan agar calon sponsor yang ditargetkan sesuai dengan pengunjung dan konsep event yang kamu selenggarakan. Sebagai contoh, apabila kamu menyelenggarakan event Pentas Seni, maka sponsor yang tepat bisa berupa makanan dan minuman ringan.

Selain itu, kamu juga dapat mengumpulkan data demografis pengunjung seperti jumlah, jenis kelamin, usia, dan lainnya agar dapat menyesuaikanperusahaan/brand mana yang pas untuk pengunjung event kamu. Pilihan lainnya yang dapat kamu lakukan yaitu membuat data yang menunjukkan interaksi dan jumlah impresi pengunjung dengan sponsor. Langkah ini juga dapat memberikan keuntungan bagi kedua pihak, baik untuk kamu sebagai penyelenggara acara dan perusahaan yang menyediakan sponsor.

2.   Rancang Proposal yang Menarik

Saat cari sponsor online, penyusunan proposal menjadi faktor penting juga. Proposal yang menarik dan jelas dapat membuat calon sponsor tidak ragu untuk bekerja sama. Selain isi proposal yang harus jelas dan terstruktur, desainnya pun harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin dan diusahakan sesuai dengan tema acara kamu.

Pilihan yang kita punya dalam mengajukan proposal sponsor pada masa pandemi hanyalah mengajukan via e-mail atau telepon. Oleh karena itu, apabila kamu sedang menargetkan suatu perusahaan, terutama perusahaan besar, buatlah proposal semenarik mungkin. Perusahaan tersebut pastinya menerima jumlah proposal yang banyak setiap harinya, maka upaya tersebut akan membuka peluang yang besar bagi mereka untuk membacanya.

3.   Strategi Komunikasi dan Pendekatan Sponsor

Saat melakukan janji temu dengan pihak sponsor baik secara offline maupun online, tentu saja harus ada strategi agar event kamu dapat memikat hati calon sponsor. Dalam langkah ketiga ini, kami juga akan memberikan tips atau strategi untuk approach calon sponsor yang baik saat cari sponsor online.

Pertama, ketahui Sponsor’s Key Objective (SKO) atau tujuan utama calon sponsor. Apa yang sebenarnya mereka cari dari kerja sama sponsor event kamu, dan tunjukkan bahwa kamu mengerti apa yang mereka harapkan dari kerjasama ini. Kedua, ingatlah value event kamu dan persiapkan semua dengan matang. Saat calon sponsor mengajukan pertanyaan mengenai penawaran dan kamu sudah siap menjawab serta meyakini mereka akan benefits kerja sama dengan event kamu, itu dapat menunjukkan bahwa kamu adalah partner ideal untuk mereka. Lalu yang ketiga, yaitu strategi komunikasi, lampirkan setiap hal dengan jelas dan jangan sampai terjadi miss-communication dalam hal apapun. Berikan kesan yang baik dalam menyampaikan segala hal dan pastikan kamu terus follow up setiap perkembangan yang ada.

Nah, itulah 3 langkah yang dapat kamu lakukan saat cari sponsor online untuk event kamu. Semoga langkah-langkah di atas dapat membantu kamu dalam mencari sponsor online yang tepat, yaa!

Artikel ditulis oleh: Maureen Manuella – School STroopers Batch 2 – 2021

Please follow and like us: