Event yang diselenggarakan seringkali membutuhkan banyak dana. Untuk bisa melaksanakan event besar, Anda bisa mengumpulkan dana dengan cara fund raising atau sponsorship. Namun banyak orang yang belum mengetahui tentang apa perbedaan dari kedua hal tersebut.

Bagi yang belum mengetahui tentang pengertian serta perbedaan dari fund raising dan juga sponsorship maka bisa memahami ulasan tentang dua hal tersebut di sini. Dengan memahami pengertian serta perbedaannya, maka Anda tidak akan keliru ketika menghimpun dana untuk event yang akan diselenggarakan.

Pengertian Fund Raising

Pengertian dari fund raising adalah mengumpulkan dana yang ditujukan untuk penyelenggaraan kegiatan. Ada banyak sekali cara penggalangan dana yang bisa dilakukan mulai dari mencari sumber dana dari kelompok tertentu, perusahaan, organisasi atau bahkan menggalang dana dari zakat dan sedekah masyarakat.

Penggalangan dana sebaiknya dilakukan dengan cara yang positif agar nantinya dana yang didapatkan juga akan lebih bermanfaat. Ketika akan melakukan kegiatan misalnya donasi bencana tentu butuh biaya yang tidak sedikit. Misalnya saja Anda menggalang dana untuk donasi bantuan bencana alam, acara fund raising adalah cara yang sangat tepat untuk dilakukan.

Jika Anda ingin mengadakan penggalangan dana semacam ini maka ada beberapa metode menarik yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah contoh metode fund raising yang bisa dilakukan:

1. Membuat Acara

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika akan menggalang dana adalah dengan membuat acara. Acara dilakukan untuk mengundang masyarakat sehingga nantinya bisa dilakukan penggalangan dana. Contoh acara yang bisa dilakukan misalnya seperti bazar pakaian bekas, bazar makanan, acara musik sukarela dan lain sebagainya.

2. Charity Box

Cara berikutnya yang sangat umum dilakukan adalah dengan kotak amal atau charity box. Cara ini umumnya dilakukan untuk mendapatkan donasi langsung dari masyarakat. Namun apabila menggunakan konsep ini, sebaiknya acara yang dilakukan juga jelas dan benar-benar bermanfaat.

3. Memanfaatkan Sosial Media

Cara berikutnya untuk bisa mendapatkan dana adalah dengan memanfaatkan sosial media. Fund raising akan semakin mudah dengan adanya social media yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Anda dapat mengajak masyarakat untuk berdonasi melalui social media seperti Facebook, Instagram atau bahkan WhatsApp.

Pengertian Sponsorship

Setelah mengetahui tentang fund raising, selanjutnya Anda juga perlu memahami tentang apa itu sponsorship. Acara Fund raising dan juga sponsorship memiliki perbedaan yang jelas. Sponsorship artinya adalah mendapatkan dana dari sponsor. Sponsorship artinya kerjasama antara sebuah perusahaan atau produk dengan kelompok tertentu agar nantinya bisa dibantu untuk mempromosikan produk tersebut.

Perusahaan akan membayar dana dengan jumlah tertentu lalu sebuah organisasi yang menerima dana tersebut harus membantu untuk mempromosikan produk dari perusahaan. Keduanya sama-sama mendapatkan keuntungan karena satu pihak mendapatkan dukungan berupa dana dan yang satunya akan di bantu promosi.

Sekarang Anda sudah bisa mengambil kesimpulan mengenai apa perbedaan antara kegiatan fund raising dan juga sponsorship. Penggalangan dana atau fund raising tidak mengharapkan timbal balik dari bantuan yang diberikan. Sedangkan sponsorship akan memberikan dana dengan imbalan promosi atau iklan dalam sebuah event yang didukung.

Sekarang Anda tidak perlu bingung lagi ketika akan mengadakan sebuah acara atau event yang besar. Dua cara untuk mendapatkan dana tersebut sama-sama menarik dan menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan keduanya baik itu fund raising dan juga sponsorship agar dapat mengcover seluruh biaya operasional yang dibutuhkan dalam acara yang akan diselenggarakan.

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support