Dalam menjalankan sebuah event/acara, pastinya membutuhkan sponsorship untuk memenuhi kebutuhan dan meringankan biaya pengeluaran. Saat ingin mengajukan sponsorship, proposal merupakan faktor penting dan sangat diperlukan. Proposal dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan, bantuan dana, sponsor, maupun perizinan terhadap suatu acara. Proposal Sponsor dapat menjadi media informasi kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan yang akan dilaksanakan. Biasanya, Proposal Sponsor Pensi berisi latar belakang kegiatan, susunan acara, perencanaan, dan hal lainnya yang perlu diketahui calon sponsor dalam memperhitungkan keterlibatannya dalam pensi sekolah kamu.

Berikut ini adalah beberapa tips & trick yang dapat kalian pahami dalam menyusun proposal sponsor:

1. Deskripsikan Acara Secara Rinci

Bagian pertama dari proposal sponsor pensi harus memperkenalkan acara pensi tersebut secara rinci, menginformasikan prospek mengapa acara kamu sepadan dengan waktu dan bantuan yang akan calon sponsor berikan. Hal yang sangat penting untuk dilampirkan yaitu tujuan acara, urutan kegiatan, konsep, tema, serta apa yang kamu harapkan untuk pensi sekolahmu dan apa yang dapat kamu berikan untuk mereka. Kamu juga dapat melampirkan track record dan highlight dari pensi sekolahmu.

Tujuan utama pada bagian ini yaitu agar calon sponsor makin mengenal dan dapat mempertimbangkan apakah acaramu adalah partner yang tepat untuk mereka. Selain itu, untuk menunjukkan bahwa kamu menghadirkan acara yang unik dan tidak boleh dilewatkan oleh calon sponsor.

2. Memberikan Informasi Utama yang Dibutuhkan Calon Sponsor

Buatlah informasi dalam proposal sponsor pensi dengan padat namun tetap menarik. Di bagian ini, kamu dapat melampirkan demografi audiens acara dari tahun sebelumnya, dapat berupa persentase jumlah pengunjung, usia, pekerjaan. Kamu juga dapat menyertakan alasan audiens menghadiri pensi kamu. Pastikan bagian dari proposal sponsor acara kamu menunjukkan bahwa target audiensmu merupakan target audiens mereka juga, sehingga mereka menemukan kesamaan yang membuat mereka semakin yakin untuk bekerja sama dengan acara kamu. Dalam bagian ini, buatlah grafik daripada poin atau paragraf teks agar lebih mudah dimengerti. Sedikit tips yang dikutip dari penelitian PandaDoc, proposal dengan visual 32% lebih berhasil daripada yang tidak, lho!

Kamu juga dapat menceritakan keberhasilan pensi sekolahmu, misalnya jumlah pengunjung yang sangat banyak melebihi pensi sekolah lain atau peningkatan penjualan barang dari perusahaan yang memberikan sponsor setelah terlibat di pensi sekolahmu. Hal ini dapat menjanjikan harapan dan hasil nyata bagi calon sponsor.

3. Rancang Proposal dengan Design yang Menarik

Buatlah design proposal sponsor pensi kamu semenarik dan seindah mungkin. Design bisa disesuaikan dengan tema/konsep acara yang sudah ditetapkan agar tetap satu tema dan berikan kesan yang menonjol melalui design proposal, karena itulah yang akan menjadi kesan pertama bagi para calon sponsor.

4. Gunakan Bahasa yang Tepat dan Berorientasi Hasil

Pemilihan kata dalam menyusun dan mengajukan proposal sponsor pensi juga menjadi salah satu poin yang sangat penting. Pilih kata yang dapat meyakinkan calon sponsor dan straight to the point akan apa yang diharapkan dan konsisten dengan apa yang kamu janjikan.

Nah, itulah tips dan trick yang dapat kamu pahami dalam menyusun proposal sponsorship. Dengan menyatakan hasil terukur dan manfaat nyata, dapat membedakan acara kamu dari yang lain. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Artikel ditulis oleh: Maureen Manuella – School STroopers Batch 2 – 2021

 

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support