Untuk kamu yang memang lagi kebingungan untuk mencari dana untuk event untuk acara sekolah maka dapat membaca beberapa panduan yang akan dipaparkan dibawah ini. Kegiatan kreatif yang biasanya diselenggarakan oleh para pelajar sekolah memang bisa dibilang tidaklah sesering para mahasiswa.

Tetapi anak sekolah pula dapat membuat kegiatan besar yang disponsori oleh bermacam lembaga lho. Ada banyak ide serta contoh penggalangan dana buat kegiatan di sekolah. Selaku murid yang aktif, pencarian dana wajib sekreatif mungkin supaya nantinya dapat optimal.

Bermacam event ataupun kegiatan semacam kegiatan sosial, pameran, agustusan, serta aktivitas kreatif yang lain ini pastinya tidak akan berjalan sukses tanpa terdapatnya suntikan dana.

Umumnya sebuah sekolah itu akan memberikan beberapa dana untuk berbagai keperluan teknis. Namun wajib untuk diakui kalau biasanya dana tersebut kadang dianggap kurang serta tidak bisa untuk menutupi total dari biaya yang akan dihabiskan.

Ide Mencari Dana Untuk Event

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencari dana untuk event yang bisa kamu lakukan berbagai kegiatan atau acara, diantaranya yaitu :

●     Menyalurkan Bakat Seni

Buat kamu yang punya bakat menyanyi, bermain musik, ataupun melukis dapat menggunakan keahlian yang kamu miliki. Kamu dapat menjual suara indah yang kamu miliki. Dengan ngamen di tempat-tempat keramaian. Tetapi kamu wajib tampak dengan mengesankan yang membedakan penampilanmu dengan pengamen-pengamen jalanan.

Keahlian melukis pula dapat jadi alternatif yang mendatangkan banyak keuntungan. Kamu dapat menawarkan jasa melukis wajah ataupun potret diri kepada orang lain. Walaupun saat ini orang begitu mudah untuk difoto, tetapi dilukis terkadang terasa lebih elok serta berkelas.

●     Sediakan Jasa Food Delivery

Ini juga bisa menjadi salah satu cara mencari dana event. Malas gerak dan juga banyak deadline tugas, melihat cucian yang menumpuk, kamar juga belum dibersihkan? Nah, tepat sekali buat pakai delivery order ini. Umumnya, jika telah ketemu kasur di kosan, kamu cenderung malas ke mana-mana, terlebih bila lagi sendiri. Hal ini jadi solusi buat mahasiswa saat ini. Umumnya ongkos pembelian makanan ditambah 5.000 – 10.000 ataupun lebih dari harga aslinya.

●     Mengadakan Bazar

Ini merupakan cara mendapatkan dana untuk event yang juga bisa kamu lakukan. Contoh bazar tersebut biasa terjadi saja pada saat Kemerdekaan 17 Agustus, pada Hari Pendidikan dan lain sebagainya. Maka disini kamu dapat menjual barang-barang yang memang banyak diminati oleh banyak orang.

Susunlah waktu serta berapa lama kegiatan tersebut diselenggarakan serta mintalah izin kepada pihak sekolah. Minta izin untuk mengadakan bazar saat kegiatan tersebut lagi berlangsung. Dari keuntungan berjualan tersebut maka kegiatan dapat berjalan sukses.

●     Menjual Barang Secondhand yang Banyak Dicari

Buatlah semacam stand atau garage sale pada event kamu. Kumpulkan barang bekas yang masih bernilai serta diburu banyak orang misalnya baju, pernak-pernik, sepatu, tas, novel, serta yang lain. Tempat yang digunakan buat stand ataupun garage sale dapat nomaden berpindah tiap minggunya. Hal ini supaya tidak jadi beban serta pula untuk memperluas jangkauan konsumennya.

●     Mengajukan Dana Lewat Startup Crowdfunding

Selaku generasi milenial, kamu bisa mencari dana untuk event melalui startup Crowdfunding seperti kitabisa, Kickstarter ataupun wujudkan.com. Untuk hal ini berarti konsep kegiatan telah dipersiapkan jauh hari dan telah matang. Dana yang didapatkan dari web ini dapat kamu pergunakan secara bertanggung jawab serta transparan karena semua panitia bisa saja dituntut bila menyelewengkan dana.

●     Meminta Dana dari Alumni

Alumni merupakan sumber mencari dana untuk event yang dapat kamu manfaatkan. Kamu dapat mengumpulkan kontak alumni dari bermacam sumber seperti novel alumni, Linkedin, kontak telepon dari senior yang lain. Bisa juga sampai lewat media sosial semacam Facebook, Twitter serta Instagram.

 

Asalkan kamu dapat memberikan proposal yang jelas, mengantarkan iktikad serta tujuan dengan sopan. Kemungkinan besar mereka dengan bahagia hati dan akan memberikan bantuan dana.

●     Sponsorship dari Swasta

Terkadang industri pula mau menghadirkan produk berbentuk benda ataupun jasa mereka ke lembaga pendidikan seperti sekolah serta kampus. Oleh sebab itu kamu dapat bekerja sama dengan industri swasta untuk bisa memberikan bantuan dana. Pasti saja mereka akan meminta bermacam persyaratan semacam menunjukkan spanduk ataupun baliho dengan nama produk mereka dan sebagainya

●     Menggunakan Momen Tahun Ajaran Baru

Nah, cara mencari dana untuk event ini dapat dipakai di kalangan pelajar, khususnya pada saat masa masuknya siswa baru. Sebagian sekolah pastinya mewajibkan siswa buat memakai/bawa atribut tertentu, semacam seragam, dasi, caping, serta lain sebagainya. Kamu dapat menjual atribut–atribut tersebut.

Tidak hanya itu, kamu pula dapat menjual buku–buku semester awal kepada adik–adik yang baru masuk. Terdapat pula sebagian sekolah yang mengadakan aktivitas keakraban outdoor. Nah, kamu pula dapat membuka jasa sewa ataupun jual peralatan kemah, semacam tikar, sleeping bag, tali pramuka, peluit, dan lain sebagainya.

Aktivitas ekstrakurikuler ataupun yang berkaitan dengan hal penting yang lain memang terkadang hadapi hambatan pada biaya. Meski pihak sekolah telah memberikan bantuan, tetapi senantiasa saja hal tersebut dinilai kurang dalam menolong terlaksananya kegiatan. Oleh sebab itu mudah-mudahan kamu yang baca postingan diatas dapat berguna ya.

Terakhir, mudah-mudahan ulasan seputar cara mencari dana untuk event aktivitas sosial serta kreatif di sekolah kali ini dapat berguna buat kamu semua. Mudah-mudahan kegiatannya sukses!

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support