Ketika kamu sedang membuat sebuah acara tentu membutuhkan yang namanya sponsor agar acara atau event tersebut bisa berjalan lebih maksimal. Nah, ada banyak cara mendapatkan sponsor yang bisa kamu lakukan.

Mencari sponsor tentu saja bukan hal mudah namun bukan berarti ini tidak bisa dipelajari. Sponsor dibutuhkan karena sebuah acara yang digelar tentu akan menelan banyak dana. Disamping itu pihak penyelenggara tidak punya modal cukup untuk menggelar acara, sehingga dibutuhkan yang namanya sponsorship.

Cara Mendapatkan Sponsor

Setidaknya ada 5 cara mendapatkan sponsor untuk event organisasi kamu yang bisa dipelajari dan dipraktekkan. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu lebih lengkap.

1. Identifikasi Calon Sponsor Terlebih Dahulu

Cara mendapatkan sponsor, yang pertama kamu bisa lakukan adalah dengan melakukan identifikasi dulu terhadap calon sponsorship. Caranya dengan mencari referensi dari organisasi lain yang sudah menggunakan sebuah sponsor mirip dengan acara yang akan diselenggarakan.

Misalnya ketika organisasi kamu ingin mengadakan acara perlombaan olahraga. Maka kamu bisa melakukan identifikasi terhadap sponsor apa saja yang masuk ke acara tersebut. Atau ketika organisasi kamu mengadakan acara kuliner. Apakah bisa mempertimbangkan untuk menyasar konglomerat makanan.

2. Membuat Daftar Calon Sponsor

Setelah selesai mengidentifikasi calon sponsor, kamu bisa masuk ke langkah berikutnya yaitu membuat daftar calon sponsor. Langkah demi langkah pada cara mendapatkan sponsor sebaiknya dilakukan secara berurut.

Daftar calon sponsor bisa dari kalangan mana saja. Bisa mulai dari sponsorship yang memang merupakan perusahaan yang kamu pertimbangkan. Bisa pula dari kalangan perusahaan yang sudah pernah mensponsori organisasi kamu. Atau perusahaan yang sama sekali tidak punya hubungan personal namun ingin menjadi sponsor.

Semakin banyak perusahaan yang masuk dalam daftar sponsor, tentu semakin efektif pula untuk mendapatkan target sponsor. Ini juga bisa menjadi cara mendapatkan sponsorship yang besar.

3. Lakukan Antisipasi  Kebutuhan Calon Sponsor

Cara  mendapatkan sponsor bisa kamu lakukan dengan memahami perusahaan calon sponsor. Mulai dari demografi, usaha hingga tujuan dari calon sponsor.

Kamu bisa memilih sponsorship dari perusahaan lokal karena hal ini lebih aman dibanding perusahaan internasional. Sebab kamu bisa membantu penjualan dari sisi bisnis lokal meningkat.

Sementara untuk perusahaan internasional, biasanya sudah memiliki banyak sekali sponsorship bahkan jumlahnya ratusan. Jadi kalau bisa membantu sponsorship lokal dan event kamu, mengapa tidak?

4. Disiplin Pada Deadline

Cara mendapatkan sponsor berikutnya yaitu dengan disiplin pada deadline atau tenggat waktu. Kamu harus membuat deadline terlebih dahulu untuk mendapatkan sponsor agar bisa fokus pada batas waktu yang sudah ditentukan.

Biasanya calon sponsor membutuhkan beberapa waktu dalam mengambil keputusan. Sebab ada beberapa prosedur yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum pengambilan keputusan. Umumnya kamu bisa mendapatkan sponsor dalam jangka waktu 3 sampai 6 bulan.

Karena waktunya terbilang lama, kamu tidak boleh terpaku pada beberapa sponsor saja. Manfaatkan waktu untuk mencari alternatif lain jika sponsor yang di harapkan tidak bisa menjalin kerjasama untuk event kamu.

5. Pembuatan Proposal

Cara mendapatkan sponsor tentu berkaitan pula pada bagaimana pembuatan proposalnya. Agar dilirik oleh calon sponsor tentu kamu membutuhkan proposal yang menarik. Mulai dari desainnya hingga isi proposal tersebut harus dibuat dengan sungguh-sungguh.

Apalagi jika kamu ingin menggaet perusahaan besar, maka menarik atau tidaknya proposal kamu tentu menjadi salah satu acuan untuk menjalin kerjasama. Jika kamu tidak bisa membuat proposal secara mandiri, bisa meminta jasa pembuatan proposal yang profesional. Dengan begitu gambaran konsep acara kamu akan lebih matang di tangan pembuat proposal yang berpengalaman.

 

Nah itu tadi 5 poin cara mendapatkan sponsor yang tentu saja sangat efisien saat ini. Mencari sponsor adalah hal yang wajib dilakukan ketika kamu membuat event organisasi. Sebab tanpa sponsor, event kamu bisa jadikan tidak akan maksimal berjalan.

Please follow and like us:
Get Fund Raising Support